Minggu, 28 Mei 2017

Jangan Abaikan 5 Tanda Ketidakseimbangan Hormon Ini

Gambar masalah ketidakseimbangan hormon.
Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh sering menjadi penyebab utama emosi negatif dalam diri Anda seperti mudah marah, frustasi dan secara serius dapat mempengaruhi kesehatan Anda secara menyeluruh.

Keseimbangan hormon dalam tubuh bisa terganggu oleh berbagai faktor seperti stres, kehamilan, perubahan gaya hidup dan juga konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang.

Namun, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa alasan masalah mereka terletak pada ketidakseimbangan hormon. Jelas hal ini akan sangat berdampak negatif terhadap kesehatan Anda, oleh karena itu Anda perlu belajar bagaimana mengenali tanda-tanda ketidakseimbangan hormon tepat waktu.

Berikut adalah tanda-tanda bahwa tubuh Anda mengalami ketidakseimbangan hormon.

1. Kelelahan
Merasakan kelelahan secara terus menerus dan konstan biasanya disebabkan oleh kadar kortisol yang tidak normal.

2. Mudah Lapar
Merasa lapar adalah hal yang wajar biasa kita rasakan di waktu-waktu tertentu. Namun, jika Anda mudah merasa lapar bahkan beum lama setelah Anda makan (terutama bila kecanduan makanan manis) maka itu artinya tubuh Anda mengalami ketidakseimbangan hormon. Karena terjadi penigkatan jumlah ghrelin, sehingga hormon yang mngendalikan nafsu makan Anda.

3. Masalah Berat Badan
Jika berat badan Anda naik secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, Anda mungkin menderita ketidakseimbangan hormon. Jika kadar hormon dalam tubuh normal, metabolisme yang mengendalikan berat badan kita. Namun, bila terganggu, maka tubuh kita tidak bisa membakar lemak secara efisien, sehingga terjadi penurunan berat badan tetapi lemak menumpuk di beberapa daerah penting dalam tubuh.

4. Perubahan Suasana Hati
Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh menyebabkan perubahan mood yang konstan. Anda mungkin bisa merasa sedih tiba-tiba lalu bahagia tiba-tiba, mirip dengan perubahan mood yang dialami saat menopause.

5. Insomnia
Ketidakseimbangan hormon juga dpat mempengaruhi pola tidur dan penyebab utama Anda mengalami insomnia. Akibat ketidakseimbangan yang terjadi dalam tubuh Anda menyebabkan Anda berkeringat di malam hari dan meningkatkan kadar kortisol, yang membuat Anda sulit untuk beristirahat di malam hari.

Jika Anda memiliki beberapa gejala yang di sebutkan di atas tadi maka jangan Anda tidak hiraukan, karena mungkin saja Anda mengalami ketidakseimbangan hormon dan itu adalah penyebab utama masalah kesehatan pada tubuh Anda.

Sumber: Super Healthy Page.
loading...
0

0 komentar: