Senin, 10 April 2017

Waspada, Tanaman Ini Dapat Menyebabkan Kebutaan

Tanaman hogweed raksasa.
Anda pernah mendengar tanaman "Hogweed Raksasa". Tanaman ini berbeda dengan tanaman cantik putih kebanyakan lainnya, yang dapat Anda hirup aroma khas wangi bunganya serta menyentuhnya. Tetapi yang perlu Anda ketahui adalah jangan pernah lakukan hal itu terhadap bunga ini. Apapun yang terjadi jangan pernah menyentuhnya.

Anda juga perlu mengajarkan anak-anak Anda untuk tidak mendekati tanaman ini, apalagi menyentuhnya di manapun mereka berada. Mungkin saat anak Anda berada di sekolah hal itu tidak akan menjadi masalah karena ada guru yang menjaga mereka, namun PR datang ketika anak Anda sedang berada jauh dari jangkauan Anda. Saat sedang bermain di taman dengan teman-teman mereka. Maka menjadi tugas Anda sebagai orang tua untuk selalu waspada.

Sebenarnya apa bahayanya dari tanaman Hogweed Raksasa ini? Dan seberapa bahayanya untuk orang dewasa dan anak-anak. Seberapa mengancamnyakah tanaman ini untuk kita.

Tanaman ini merupakan bagian dari keluarga wortel dan dapat tumbuh hingga 4 meter. Hanya dengan sedikit menyentuh bagian bunga ini maka Anda akan mendapatkan luka lecet yang aneh pada tangan Anda.

Selain itu hal ekstrim lainnya yang bida Anda alami jika menyentuh tanaman ini adalah seperti kebutaan dan luka bakar tingkat tiga. Bahan kimia yang di hasilkan oleh tanaman ini memiliki efek yang mengerikan pada tubuh Anda. Bahan kimia yang di hasilkan dari tanaman ini jika bersentuhan dengan kulit manusia dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap cahaya.

Tanaman ini mampu membuat tangan Anda melepuh dengan rasa yang sangat menyakitkan hingga 48 jam, bahkan dalam beberapa kasus terjadi lebih lama hingga hitungan bulan.

Adapaun hal yang harus Anda lakukan segera jika tidak sengaja terjadi kontak dengan tanaman ini adalah mencuci bagian yang bersentuhan dengan tanaman ini dengan air dingin. Anda perlu melakukannya sesegera mungkin dan jangan lebih dari 15 menit sejak Anda menyentuhnya lalu hindari terkena cahaya sinar matahari secara langsung.

Lalu gunakan tabir surya pada daerah yang terkena tanaman ini. Dan jika entah bagaimana bagian mata Anda tidak sengaja kontak dengan tanaman ini maka Anda harus segera mencuci muka Anda dengan banyak air. Lalu pakai kacamata hitam setelah itu.

Bahkan di negara-negara tertentu, mereka sampai mengeluarkan tanda peringatan untuk tidak mendekati tanaman ini seperti di beberapa bagian Amerika serikat seperti, Maryland, Virginia, Ohio, Pennsylvania dan Michigan. Bahkan pemerintah setempat menganjurkan kepada masyarakat untuk segera melaporkan kepada EPA (US Environmental Protection Agency) jika melihat tanaman ini di sekitar lingkungan mereka.

Perhatian, jangan sampai Anda mencoba untuk membuang tanaman ini sendiri karena Anda malah dapat menyebarkan benih dan mencemari lingkungan Anda lebih luas lagi.

Sumber: Weeklyhealthylife.
loading...
0

0 komentar: